Ingin Kurangi Polusi? Singkirkan Mobilmu

Brussels, 16 September Photograph: Xinhua/Barcroft Images (theguardian)

Tulisan menarik di laman theguardian.com (19/9), ditulis oleh John Vidal. Dimulai dari pengalamannya di St Martin’s, Kepulauan Scilly, Inggris yang hanya dihuni 120 penduduk.

John Vidal hanya melihat tiga mobil, dua traktor dan beberapa perahu di kepulauan tersebut. Faktanya memang St Martin merupakan daerah yang memiliki udara paling bersih di dunia.

“Polusi udara erat kaitannya dengan resiko penyakit Dimensia,” tulis Vidal.

Ketika di St Martin’s, Vidal menginap di rumah Andrew dan kakeknya yang sudah berumur 29 tahun. Kakeknya masih aktif, tidak ada tanda-tanda asma, paru-paru maupun jantung.

“Harold Wilson (kakeknya) selalu berlibur di pulau tetangga St Mary’s, tidak ada orang yang merokok,” ujarnya.

Kabar adanya polusi udara masif di daratan Inggris sampai di telinga penduduk St Martin’s. Kabarnya, ratusan ribu anak muda Inggis terpapar polusi akibat kendaraan diesel.

Selain itu ada bukti baru polusi udara menyasar pondokan ibu hamil di Inggris.

“Studi mengatakan bahwa polusi mempengaruhi kecerdasan. Selain itu, polusi udara juga menimbulkan risiko lingkungan terbesar yang menyebabkan 400 kematian prematur setiap tahun,” tulisnya.

Bagi penduduk kepulauan Scilly, menghidup udara di lautan lepas bisa jadi hal terbaik untuk lepas dari polusi. Namun bagaimana yang berada di dataran Inggris?

Vidal kemudian menarasikan usaha kota/negara di dunia memerangi polusi. Menurutnya hal ini tidaklah mahal dan menjadi populer di kalangan masyarakat.

“Kita melihat ada World Car Free Day, London menutup 50 jalan utamanya selain juga di Manchester, Bristol, Glasgow, Cardiff, Oxford, Cambridge dan juga Liverpool. Semua telah berjanji (untuk mengurangi polusi),” tulisnya.

Menghapus mobil di kota-kota besar Inggris mulai bertahap dilakukan. Di Brussel, pemerintah bahkan menutup kotanya untuk mobil dan kadar karbon hitam serta nitrogen setidaknya turun 30%.

“Hampir semua orang setuju,” imbuhnya.

Vidal meyakini ketika semua terasa manfaatnya, semua halangan lain akan mudah diselesaikan. Banyak kota yang kemudian dengan senang hati melarang mobil secara permanen.

“Oslo akan secara permanan melarang mobil di tahun 2019. Madrid akan membebaskan 500 hektar pusat kota dari mobil 2020, serta kota lain seperti Kopenhagen, Paris, Brussels, Berlin, Mexico City, Bogotá dan Kigali,” ungkapnya.

Di dunia saat ini juga mengembangkan mobil listrik nol emisi. Vidal meyakini mobil listrik akan menjadi primadona suatu saat nanti.

“Teknologi juga tidak cukup. Pemerintah harus mendorong mobil dilarang di jalan sama sekali, perlu dorongan besar untuk warga berjalan kaki, bersepeda dan naik kendaraan umum,” ujarnya.

Di Belanda, akademisi menghitung betapa efisien bersepeda. Setidaknya 6.500 kematian dapat dicegah karena perilaku bersepeda warga, seta pemerintah menghemat hampir 20 milyar poundseterling per tahun.

“Sebagai individu, kita dapat belajar dan menghindari jalanan yang berpolusi. Aplikasi dapat menunjukkan kepada kita real time,” ungkapnya.

Selain itu kita bisa menghindari membeli mesin berdiesel. Kita bisa membawa perubahan yang nyata bagi diri kita.

“Kita juga perlu menyadari polusi tidak hanya dari mobil melainkan juga dari kapal, proses pertanian (tidak ramah lingkungan), pembakaran kayu bakar dan sampah. Pada akhirnya kita perlu meninggalkan mobil kita,” pungkasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *