Earth Day 2018, Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Gunung Plastik yang Akan Diurai di New Zealand, Sumber: www.abcnews.go.com

22 April diperingati sebagai Earth Day atau lebih dikenal sebagai Hari Bumi di Indonesia. Berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang Hari Bumi ini.

Hari bumi diperingati sudah sejak tahun 1970. Dikutip di abcnews.go.com, Minggu (22 April 2018), Earth Day dimulai ketika warga kebangsaan Amerika U.S. Sen. Gaylord Nelson mengorganisir gerakan pertama Hari Bumi.

“Saat itu belum ada hukum yang mengatur (industri) pabrik yang membuang limbahnya di udara dan sungai,” seperti dikutip abcnews.go.com.

Setelah bekerjasama dengan professor di Harvard Denis Hayes, Earth Day kemudian sukses dikampanyekan di Amerika. Kemudian membesar ketika di tanggal 22 April 1970 ketika 20 juta warga menuntut Kongres membuat aturan tentang pencemaran lingkungan.

“Di Desember itu, Kongres mengesahkan aturan pembentukan lembaga federal baru untuk memastikan perlindungan lingkungan,” imbuhnya.

Di dalam aturan tersebut memuat tentang perlindungan air, udara dan spesies yang terancam punah.

“Hari bumi kemudian mengglobal 20 tahun kemudian yang diperingati oleh 200 juta orang di belasan negara,” imbuhnya.

Sampai saat ini lebih dari 1 milyar orang di 192 negara diperkirakan ikut berpartisipasi dalam Hari Bumi setiap tahun. Dan untuk tahun 2018 ini, Hari Bumi didikasikan pada isu pencemaran plastik.

“Pencemaran plastik menjadi tantangan yang terus ada. Kita dapat melihat plastik di sungai, laut atau di laguna dan mengotori serta mempengaruhi masa depan anak-anak kita. Kita semua tanpa disadari ikut berkontribusi pada persoalan ini,” ujar Presiden Global Earth Day Valeria Merino.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *