Presiden Jokowi Teken Perpres Percepatan Pengolahan Sampah Menjadi Listrik

Sumber: twitter @jokowi

Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) No 34 Tahun 2018. Perpres ini berisikan tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan.

“Dengan pertimbangan untuk mengurangi volume sampah secara signifikan demi kebersihan dan keindahan kota, pemerintah memandang perlu mempercepat pembangunan instalasi Pengolah Sampah menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan pada daerah provinsi dan daerah kabupaten/kota tertentu,” ujar Humas Sekretariat Kabinet RI seperti dikutip di setkab.go.id, Jumat (20/4).

Dalam pasal 2 ayat (3) Perpres ini disebutkan bahwa pengeloaan sampah dilaksanakan untuk mendapatkan nilai tambah sampah menjadi energi listrik.

Adapun lokasi sebagaimana dimaksud terdapat dua belas Pemda, yakni DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Surabaya, Kota Makassar, Kota Denpasar, Kota Palembang, dan Kota Manado.

Dalam hal pelaksanaan Perpres ini, ketua tim adalah Menko Kemaritiman. Selain juga Menko Perekonomian dan 12 Kementerian/Lembaga Non Kementerian yang terlibat dalam pelaksanaan Perpres ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *