BMKG Tanggapi Isu Gempabumi dan Tsunami Besar

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menanggapi isu gampabumi dan tsunami besar yang akan melanda Asia termasuk Indonesia. Sebelumnya, ramalan dari orang India, Babu Kalayil menyebutkan akan adanya bencana gempabumi dan tsunami.

“Menanggapi beredarnya berita terkait isu akan terjadinya gempabumi dan tsunami besar oleh “Babu Kalayil” yang akan melanda wilayah Asia sebelum Desember 2017 yang dilansir oleh beberapa media maka bersama ini kami sampaikan tanggapan,” ujar BMKG dalam rilis persnya bernomor UM.505/108/D3/XI/2017, Rabu (22/11).

BMKG menanggapi bahwa ramalan tesebut tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Pasalnya, dampak yang disebutkan sangat luas dan sulit diterima dalam ilmu kegempaan (seismologi).

“Indonesia sebagai wilayah yang aktif gempabumi memiliki potensi gempabumi yang dapat terjadi kapan saja dalam berbagai kekuatan,” imbuhnya.

BMKG sendiri tidak pernah mengeluarkan prediksi adanya gempabumi.

“Sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempabumi dengan tepat (kapan, dimana dan berapa kekuatannya),” imbuhnya.

BMKG menghimbau untuk tidak terpancing isu yang beredar.

Sebelumnya beredar video yang menunjukkan prediksi bencana di wilayah Samuderaa Idnia oleh Babu Kalyil. Di video itu Babu Kalyil merupakan Direktuk BK Research Association for ESP (Extra Sensory Perception & Earth and Space prediction).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *